SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/I
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
·
Menjelaskan
arti ilmu biologi
|
Arti biologi
karakteristik kaitan dengan teknologi manfaat belajar biologi
|
·
Diskusi
tentang apa biologi
|
- Observasi (lisan)
|
2 jam
pelajar-an (2 x 45 menit)
|
- Gambar poster tentang hewan, tumbuhan,
penemuan- penemuan dalam biologi
- Buku perpustakaan
- Artikel di berbagai media
|
·
Menjelaskan
karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Agama
|
·
Diskusi
tentang karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Alam dan
kaitannya dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
- Observasi (lisan)
- Tertulis
|
Pertemuan
minggu I
|
||
·
Mencari
informasi manfaat mempelajari biologi bagi dirinya dan masyarakat (Tugas
dirumah)
|
- Laporan
|
Tugas di rumah
|
|||
·
Berkomunikasi
ilmiah melalui pemaparan hasil pencarian informasi tentang manfaat
mempelajari biologi (Minggu ke II)
|
- Observasi
|
- Pertemuan minggu ke II
|
- OHP
- Multi media
|
||
1.2.
|
Mendeskripsikan
objek dan persoalan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
(molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
·
Menyajikan
data contoh tentang objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
|
·
Objek
biologi , persoalan biologi, tingkat organisasi kehidupan
|
·
Mengamati
objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan di sekitar sekolah
|
- Observasi (lisan)
- Tertulis
|
2 jam pelajaran
(Minggu III)
|
- LKS
- Poster
|
·
Diskusi
tentang persolan biologi yang mungkin dialami oleh siswa
|
- Lisan
|
||||
·
Menjelaskan
cara mempelajari biologi
|
·
Sambil
berdiskusi pada awal pelajaran, siswa melakukan percobaan pengaruh air
terhadap tekanan turgor pada daun
|
- Tertulis
|
2 jam pelajaran
(MingguIV)
|
||
·
Menjelaskan
cabang biologi yang sesuai dengan objek, persoalan, dan tingkat organisasi
kehidupan.
|
|||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar