Selasa, 28 Juli 2020

RPP Pendidikan Biologi Kelas XII 2020


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 1.1


Nama Sekolah              : SMAN 1 oiaposz
Mata Pelajaran             : Biologi Kelas/Semester           : X/1
Alokasi Waktu              : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1.  Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi dasar       : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi


I.    Indikator
1.   Mendeskripsikan objek-objek dan persoalan biologi pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
2.   Mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji
3.   Menganalisis manfaat biologi bagi manusia dan lingkungannya.

II. Materi Pembelajaran
Materi Pokok           : Ruang lingkup Biologi
Sub Materi  : Cabang-cabang ilmu Biologi menurut obyek, persoalan, tingkat organisasi

III. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual
Metode Pembelajaran
Kooperatif
Model Pembelajaran
Problem Posing Tipe 1
Sintaks Langkah-langkah Model Pembelajaran Problem Posing (Silver dan Cai, 1996)
1.   Guru menyampaikan materi sebagai pengantar
2.   Peserta didik diminta untuk menyusun/membentuk soal
3.   Soal yang disusun, didiskusikan dengan teman
4.   Guru membahas jawaban soal yang dibentuk siswa
Modifikasi Langkah-langkah Model Pembelajaran Problem Posing Tipe 1
1.   Guru menuliskan topik pembelajaran
2.   Guru menuliskan tujuan pembelajaran
3.   Guru membagi peserta didik dalam kelompok yang berisi 4-5 orang
4.   Guru menugaskan peserta didik membuat rangkuman
5.   Guru menugaskan peserta didik membuat pertanyaan dari hasil rangkuman
6.   Pertanyaan yang telah dibuat diserahkan ke kelompok lain untuk dicarikan jawabannya
7.   Diskusi Kelas
8.   Guru memberikan penguatan pada diskusi kelas
9.   Guru membimbing peserta didik menyusun kesimpulan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:
Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu biologi menurut obyek, persoalan, dan tingkat organisasi.



No
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.
Kegiatan Awal
٭  Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan manusia, hewan dan tumbuhan dipelajari khusus dalam ilmu apa?

٭  Melanjutkan pertanyaan Apakah hanya sebatas manusia, hewan, dan tumbuhan sajakah yang dipelajari dalam ilmu Biologi?





٭  Menulis topik yang akan dipelajari yaitu Cabang- cabang ilmu Biologi menurut obyek, persoalan, dan tingkat organisasi

Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ilmu Biologi)

Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab tidak, ilmu biologi juga membahas lingkungan dan mikroorganisme seperti: virus, bakteri, jamur)

Menulis topik yang akan dipelajari




٭  Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar

٭  Mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan Apakah hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu Biologi?’
Menulis tujuan pembelajaran


Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik dapat menjawab sesuai pengetahuan awal masing- masing yang mereka miliki)
2.
Kegiatan Inti
٭  Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang

٭  Menugaskan kelompok untuk membuat rangkuman dalam bentuk peta konsep tentang cabang-cabang ilmu biologi


٭  Membagikan LKPD 1 dan sebuah karton manila pada masing-masing kelompok

٭  Masing-masing peserta didik dalam kelompok membuat pertanyaan tentang cabang-cabang ilmu biologi pada Lembar Problem Posing 1 (LPP 1), LPP
1 yang telah berisi pertanyaan diserahkan ke kelompok lain

٭  Menugaskan kelompok untuk menyelesaikan masalah/pertanyaan yang dibuat oleh masing-masing kelompok dan menuliskan jawabannya pada Lembar Problem Posing 2 (LPP 2)


٭  Meminta peserta didik melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain dengan bantuan peta konsep yang telah dibuat

٭  Memberi penguatan dari hasil diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial)

٭  Membimbing peserta didik menyusun kesimpulan


Kesimpulan konseptual yang harus diperoleh peserta didik setelah proses pembelajaran di antaranya adalah:
bakteriologi, genetika, ekologi.

Peserta didik duduk dalam kelompok

Mengerjakan tugas guru, membuat rangkuman dalam bentuk peta konsep tentang cabang-cabang ilmu biologi

Menerima LKPD 1 dan sebuah karton manila

Membuat pertanyaan tentang cabang- cabang ilmu biologi pada Lembar Problem Posing 1 (LPP 1),
LPP 1 yang telah berisi pertanyaan diserahkan ke kelompok lain

Menyelesaikan masalah/pertanyaan yang dibuat oleh masing-masing kelompok dan menuliskan jawabannya pada Lembar Problem Posing 2 (LPP 2)

Melaksanakan diskusi kelas dalam menjawab masalah/pertanyaan yang dibuat oleh kelompok lain dengan bantuan peta konsep yang telah dibuat
Mencatat penguatan yang diterima dari guru



Menyusun kesimpulan, mencatat kesimpulan
3.
Kegiatan akhir/tindak lanjut
Menugaskan peserta didik mencari artikel tentang manfaat biologi bagi manusia dan lingkungannya

Melaksanakan tugas guru







Tidak ada komentar:

Posting Komentar